Info Terbaru 2022

Pendidikan Abjad Melalui Acara Pramuka

Pendidikan Abjad Melalui Acara Pramuka
Pendidikan Abjad Melalui Acara Pramuka
Saat ini pemerintah mewajibkan pendidikan aksara untuk dilaksanakan di semua jenjang pendidikan , Mengingat pentingnya pendidikan aksara bagi akseptor didik dalam membentuk perilaku susila dan prilaku,maka pendidikan aksara harus di integrasikan dalam setiap pembelajaran, Guru, Peserta didik, Orang Tua dan Masyarakat seharusnya tidak merasa absurd lagi dengan istilah pendidikan karakter, Karena merekalah mata rantai pelaku dan penentu keberhasilan pendidikan karakter.


PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN PRAMUKA
Pengertian Karakter

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia , istilah aksara berarti sifat -sifat kejiwaan ,ahlak dan akal pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain , watak ,watak,karakter insan berbeeda -beda ,ada yang berkarakter lemah dan kaut . Seseorang dikatakan berkarakter lemah apabila bersikap pasrah pada kondisi - kondisi yang sudah ada, Sepuluh aksara lemah yang menempel pada bangsa Indonesia berdasarkan Koentjaraningrat dan Mohtar Lubis Yaitu :

  1. Meremehkan akan Mutu 
  2. Suka Merebas 
  3. Tidak Percaya Diri 
  4. Tidak Disiplin 
  5. Mengabaikan Tanggung Jawab 
  6. Lemah Kreativitas 
  7. Etos Kerja Buruk 
  8. Suka Feodalisme dan 
  9. Tidak Punya Malu 
  10. Hipokrit 

Untuk membangun Karakter yang berpengaruh pada diri akseptor didik , dan menghilangkan cap aksara lemah yang terlanjur menempel pada bangsa Indonesia , Maka diadakan Pendidikan Karakter

Pendidikan Karakter dan Karakter yang Baik

Pendidikan Karakter yaitu upaya yang dilakukan dengan sengaja untuk berbagi aksara yang baik ( Good Character ). Pendidikan aksara bertujuan untuk membentuk akseptor didik yang mempunyai aksara tangguh dan baik , dengan Ciri :
  • Knowing The Good ( Tahu hal yang baik ) 
  • Desiring The Good ( Menginginkan Hal yang baik ) 
  • Doing The Good ( Melakukan Hal yang Baik ) 

Karaketr yang baik yang harus diketahui ,diinginkan ,dan dilakukan akseptor didik mencakup :

  • Kebijaksanaan ( Wisdon ) 
  • Keadilan ( Justice ) 
  • Ketabahan ( Fortitude ) 
  • Pengendalian Diri ( Self Control ) 
  • Kasih ( Love ) 
  • Sikap Positif ( Positive Attitude ) 
  • Kerja Keras ( Hard Work ) 
  • Integritas ( Integrity ) 
  • Penuh Syukur ( Gratitude ) 
  • Kerendahan Hati ( Humility ) 

Pendiikan Karakter Melalui Pramuka

Pendidikan aksara sanggup dilaksanakan dalam banyak sekali bentuk aktivitas , Salah satunya yaitu mealui aktivitas Pramuka . Menurut Menteri Pendidikan , Parmuka dijadikan Exstrakurikuler wajib Pada SD, SMP, Sekolah Menengan Atas sanggup berkiprah lebih maksimal dalam aktivitas Pramuka dibawah naungan organisasi Gerakan Pramuka.

Dalam setiap aktivitas , anggota pramuka selalu berpegang teguh pada aba-aba kehormatan " TRY SATYA " dan ketentuan susila " DASA DHARMA " , Kode kehormatan anggota pramuka yang kita kenal sebagai " Tryi Satya " yaitu suatu norma dalam kehidupan yang merupakan ukuran, norma atau standar tingkah laris kehidupan sehari-hari, yang berlaku bagi anggota pramuka golongan siaga ,penggalang,penegak,pandega serta pembina.

Ketentuan Pramuka kita kenal " Dasa Darma " merupakan tuntunan atau pedoman dalam kehidupan setiap anggota sebagai susila yang harus dimiliki dan diamalkan .

Thank you for visiting, ..
Advertisement

Iklan Sidebar